Kenali-lah Dyahpitaloka

Aku...Dyahpitaloka, suka banget nulis hal-hal gak penting yang mungkin susah dicerna orang lain. Tapi melalui tulisan-tulisan yang mungkin membingungkan buat ditangkap maksudnya ini, Dyahpitaloka sebenarnya hanya ingin membagi apa yang sedang dalam pikirannya, curhatlah intinya...atau kadang juga ngomongin hal yang menurutnya menarik..
Jadi, kalo berkenan, silakan mampir dan kenalilah Dyahpitaloka melalui coretan-coretannya ini...

Pages

Senin, 28 Juni 2010

Cupid, Sang Pembawa Cinta Untuk Manusia



Dia selalu digambarkan sebagai bocah laki-laki imut dengan kostum serba putih, bersayap dan selalu membawa busur komplit dengan dua set panah, panah bermata emas (melambangkan cinta) dan panah bermata timah (melambangkan kebencian). Siapa sih yang gak kenal dia ? dialah Cupid, si dewa cinta, yang sukses menyatukan trilyunan pasangan manusia dalam ikatan cinta di muka bumi ini.

Bicara masalah cinta kayaknya udah sering dan gak ada salahnya juga kalo kita bicarakan sedikit tentang si empunya pembawa panah cinta menurut mitos kuno ini. Cupid, sang dewa cinta, yang dipercaya selalu beraksi dengan melontarkan panah asmaranya itu nyatanya bukan hanya jadi pengatur skenario perjalanan asmara manusia. Jangan salah… Si cupid ini ternyata juga mengalami asam manisnya cinta loh….

Dari kisah singkat yang pernah dibaca dari sebuah sumber, disebutkan kalau Cupid adalah putra dari dewa Merkury dan Dewi Venus (atau dikenal juga dengan nama Aphrodite) yang terkenal super cantik. Tapi Venus ternyata masih kalah cantik dari seorang manusia bernama Psyche (Hmm… bisa bayangin gak sih gimana cantiknya Psyche kalau Venus aja sampai kalah cantik ?). Dan yang membuat Venus lebih dongkol lagi, semua pemujanya jadi beralih memuja Psyche (ternyata dewi bisa jealous juga yah ? kirain cuma kita-kita aja…). Merasa sangat tersaingi oleh seorang manusia biasa, venus lalu mengatur startegi. Dia meminta bantuan putranya, Cupid, untuk memberikan cairan ajaib buat Psyche yang maksudnya sih supaya rivalnya itu jatuh cinta ama cowok paling buruk rupa sedunia sebagai ganjaran karena berani menandingi kecantikannya.

Tapi, udah hukum alam yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari manusia, di mata pria, wajah cantik wanita memang terlalu sayang kalau gak dikagumi. Wajah cantik selalu bisa membuat mata pria tertarik buat yaah…. minimal melirik lah, maksimal melototin….atau ke tingkat yang lebih parah sampai menggoda iman dan keteguhan hati seorang pria ( buat yang dah punya pasangan, dengan kata lain bisa di bilang starting point buat selingkuh lah…). Begitu juga dengan Cupid. Dia yang tadinya membawa misi balas dendam sang Bunda malah jatuh cinta pada Psyche. Meskipun Psyche gak bisa melihat Cupid dengan jelas tapi dasar Cupid yang grogi melihat kecantikan Psyche malah jadi menancapkan panah cinta ke dirinya sendiri (konyol banget gak sih…?). Alhasil, Cupid dan Psyche jadi saling jatuh cinta dan sepakat menikah. Tapi karena Cupid bukan manusia seperti halnya Psyche, Cupid mengajukan syarat yang paten gak boleh di langgar apalagi di nego oleh Psyche. Psyche dilarang keras melihat wujud asli Cupid sebagai seorang dewa. Yaaah… namanya juga manusia. Semakin dilarang, jusru semakin penasaran. Suatu ketika Psyche nekad curi-curi kesempatan ngintip wujud asli Cupid itu kayak apa. Apesnya, Cupid tahu kalau Psyche memergoki wujud aslinya. Cupid marah besar trus ninggalin Psyche gitu aja ( Huuufff… Raja tega juga ya si Cupid ?). Dimana-mana penyesalan emang selalu datang terlambat. Psyche nyesal banget udah melanggar kesepakatannya dengan Cupid dan mencari Cupid buat minta maaf. Tapi sampai menghembuskan napas terakhirnya, Psyche masih belum bisa ketemu Cupid buat minta maaf. Tragis juga kematian Psyche… pastinya dia belum bisa tenang karena belum sukses minta maaf ke Cupid…


Venus yang tadinya dongkol banget sama Psyche ternyata tersentuh juga melihat kisah cinta Cupid-Psyche sekaligus menyesal karena kedengkiannya justru mengakibatkan kematian manusia yang sebenarnya gak bersalah. Karena itu Venus minta pada Dewa Jupiter untuk menghidupkan Psyche dan menjadikan dia seorang dewi. Setelah tahu kronologisnya gimana, Jupiter akhirnya meng-ACC permintaan Venus. Dia menghidupkan Psyche dan menjadikannya sebagai Dewi Cinta, alias menjabat posisi yang sama dengan Cupid yang membawa misi menyatukan cinta sejoli di muka bumi ini.

Setelah baca kisah Cupid tadi, jadi malah timbul pertanyaan yang sampai sekarang masih belum bisa menemukan jawabannya. Tadi di bilang kalo Cupid menancapkan panah ke dirinya sendiri sehingga dia ama Psyche jadi saling jatuh cinta. Tapi ketika Psyche melakukan kesalahan, Cupid tega meninggalkan wanita yang dia cintai itu dan gak mau menemui dia bahkan sampai akhirnya Psyche meninggal. Yang jadi pertanyaan, apakah Cupid menancapkan panah bermata emas dan timah secara bersamaan ??? jadi dia bisa jatuh cinta dan mencintai Psyche dengan sungguh-sungguh, tapi di kemudian hari jadi berbalik membencinya karena melanggar perjanjian…? Seorang dewa cinta aja begitu, gimana manusia ??

Dari cinta jadi benci, memang bukan hal yang langka terjadi. Banyak kasusnya bisa dijumpai di sekitar kita. Tapi kalo iseng-iseng dihubungkan dengan dua panah yang selalu di bawa Cupid kemana-mana itu, pertanyaan yang tadi dilontarkan kayaknya gak berlebihan dong ?

Ada yang bisa bantu memberi jawaban plus penjelasannya ??? V(^_^’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar